Jumat, 21 Agustus 2015

Olahraga Ringan di Meja Kantor

Olahraga Ringan di Meja Kantor

Olahraga Ringan di Meja Kantor  - Para pekerja di kantor yang pekerjaannya di belakang meja selama lebih dari delapan jam sehari berisiko mengalami kaku otot dan pegal pada punggung. Kondisi itu disebabkan penyumbatan pembuluh darah akibat duduk terlalu lama. Hal itu merupakan hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada.

Untuk mencegah kaku otot dan pegal tersebut tidaklah sulit. Di sela waktu kerja atau saat istirahat untuk salat dan makan, Anda bisa melakukan sejumlah gerakan ringan di meja kantor. Anda juga bisa melakukan gerakan memanfaatkan meja kantor, kursi, dan tembok ruang kerja untuk membakar kalori.

Pelatih dan instruktur yoga dari Akademi Fitnes, Aerobik, dan Spa (AFAS), Henry Dionisius, mengatakan salah satu gerakan ringan yang bisa dilakukan adalah duduk tegak di atas kursi, dengan posisi kedua tangan di samping tubuh. Pelan-pelan, angkat satu per satu kaki hingga membentuk posisi 90 derajat dengan badan. Tahan sesaat, lalu turunkan. Ulangi beberapa kali.

Gerakan ringan kedua yang bisa dicoba adalah membelakangi meja kantor, dengan posisi tangan berpegangan pada ujung meja. Gerakkan tubuh ke bawah hingga nyaris jongkok, lalu berdiri kembali. "Sesuaikan gerakan dengan kemampuan. Jangan memaksa melakukan gerakan yang sulit," kata Henry, Kamis lalu.


Demi meminimalisasi pegal-pegal, Anda juga sebaiknya membiasakan diri dalam beberapa hal. Misalnya, saat bekerja atau mengetik, usahakan postur tubuh tegak, dan posisi mata sejajar dengan monitor. Jangan pula terlalu lama memandang layar. Usahakan maksimal 30 menit sekali, Anda mengalihkan pandangan pada hal lain. Kebiasaan itu penting untuk mengurangi iritasi mata dan sakit kepala.


Sesekali, tak ada salahnya Anda beranjak dari kursi dan mampir ke meja kantor rekan seruangan. Berjalan membantu sirkulasi tubuh Anda normal. Coba juga menarik napas dalam untuk menyegarkan pikiran dan paru-paru. Terakhir, jangan lupa memperbanyak asupan air mineral agar terhindar dari dehidrasi.


Menurut Henry, selain gerakan ringan, olahraga membakar kalori juga bisa Anda lakukan di meja kerja. Gerakan tersebut bisa Anda ulangi beberapa kali,
bergantung pada kemampuan dan waktu. "Boleh saja mengulang gerakan 10, 12, atau 20 kali, dengan jumlah set dua hingga tiga. Yang penting tidak kelelahan, karena bagaimana pun Anda sedang bekerja di kantor," ujarnya. 


sumber : tempo.co